Penggunaan ITeung Untuk Dosen

Penggunaan ITeung dalam Absensi Mahasiswa untuk Dosen memiliki peraturan yang wajib dipatuhi, peraturan tersebut adalah Dosen  diwajibkan mengganti Nomor Handphone di Website Siap Politeknik Pos Indonesia sesuai dengan Nomor Handphone yang didaftarkan pada Aplikasi WhatsApp dengan format Internasional (62) Contohnya 6281261290107.

Apabila Dosen telah mengganti Nomor Handphone, Dosen diwajibkan membuat WhatsApp Group dengan format Nama Group sebagai berikut:

JADWAL_ID-KELAS-NAMA_MATAKULIAH
Contohnya:

17312-A-KECERDASAN BUATAN

Catatan: Apabila nama matakuliah terlalu panjang, maka bisa disingkat saja atau biarkan saja terpotong, karena untuk penamaan group di WhatsApp dibatasi panjang karakternya. 

Untuk bapak/ibu Dosen yang tidak mengetahui Jadwal ID dan kode dosennya bisa mengirimkan pesan kepada iteung dengan format iteung jadwal kuliah senin (senin dapat disesuaikan dengan nama hari yang diinginkan) dan iteung akan memberikan respon mengenai jadwal, kode matakuliah, dan kode dosennya.

Selanjutnya, Dosen mengundang ITeung ke WhatsApp Group, berikut Nomor Handphone ITeung yang dapat diundang: 083119486401

Jika Iteung sudah diundang ke WhatsApp group maka untuk dapat memulai perkuliahan Dosen diwajibkan mengirimkan pesan kepada ITeung dengan format Iteung kelas daring mulai, kemudian ITeung akan membalas pesan tersebut, jika ITeung telah membalas pesan maka absensi mulai berjalan dan mahasiswa yang hadir diwajibkan ikut memberikan komentar di WhatsApp Group.
Berikut Contoh Memulai Perkuliahan:



Ketika Dosen pengampu matakuliah tersebut mengirimkan pesan iteung kelas daring dimulai dan iteung membalas pesan tersebut, hal itu menandakan kelas sudah bisa dimulai dan iteung akan mengabsen mahasiswa yang ikut berkomentar, dan aktif dalam berdiskusi membalas pesan di WhatsApp Group.

Apabila perkuliahan telah selesai, maka Dosen pengampu matakuliah diwajibkan mengirimkan pesan kepada ITeung untuk mengakhiri perkuliahan, agar ITeung menginputkan absensi mahasiswa secara otomatis ke sistem SIAP Politeknik Pos Indonesia. Cara Mengakhiri kelas adalah dengan mengirimkan pesan iteung kelas daring selesai materi chapter 1. Kemudian iteung akan merespon pesan tersebut dengan mengirimkan Berita Acara Absensi Mahasiswa. Kata chapter1 dapat diganti sesuai dengan materi yang diajarkan pada kelas tersebut.
Berikut contoh Mengakhiri Perkuliahan:

Catatan: Mengakhiri kelas dapat dilakukan berulang-ulang kali, jika terjadi kegagalan input atau terdapat mahasiswa yang namanya tidak terinputkan, hal itu terjadi karena mahasiswa belum mengganti nomor Handphone di Siap Politeknik Pos Indonesia. Sehingga apabila hal tersebut terjadi mohon ingatkan mahasiswa untuk mengganti nomor Handphone di Siap Politeknik Pos Indonesia dan ulangi mengirimkan pesan iteung kelas daring selesai. Pesan dapat diulangi hingga data semua mahasiswa yang hadir tercatat diberita acara.


Komentar